Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday, 9 September 2015

PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN ILMU ADMINISTRASI

loading...

Pada kesempatan kali ini Ahli Artikel akan memberikan artikel penjelasan mengenai Pengertian Administrasi dan Ilmu Administrasi. Silahkan di baca penjelasan artikelnya di bawah ini.

Pengertian Administrasi
Administrasi
berasal dari kata “yudabbiru” (bahasa Arab) yang memiliki makna mengarahkan, melaksanakan, mengelola, menjalankan, rekayasa, mengemudikan, mengatur, penguasa, bertugas, menekonomiskan, mengurus dengan baik, membuat rencana, dan berusaha.

Secara etimologis, administrasi berasal dari kata “ad” dan “ministrate” yang berarti melayani, membantu, memenuhi, melaksanakan, menerapkan, mengendalikan, menyelenggarakan, mengarahkan, menghasilkan, mengelola, menjalankan, mengemudikan, mengatur, mengurus, mendaya gunakan, dan mengusahakan.

Pengertian Administrasi dan Ilmu Administrasi Menurut Para Ahli:
Menurut Herbert A Simonn pengertian administrasi adalah, suatu kegiatan kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama-sama.

Menurut Leonard D White pengertian administrasi adalah, suatu proses umum yang ada pada setiap usaha kelompok-kelompok, baik itu pemerintah maupun swasta, baik itu sipil maupun militer, baik itu dalam ukuran besar maupun ukuran kecil.

Menurut Prajudi Atmosudirjo pengertian administrasi yaitu, merupakan suatu fenomena sosial, suatu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern. Eksistensi administrasi, berkaitan dengan organisasi, yang berarti administrasi itu terdapat di dalam suatu organisasi. Jadi siapa saja yang ingin mengetahui adanya administrasi di dalam masyarakat, maka sebelumnya dia harus mencari dulu organisasi yang masih hidup. Jika ada, maka di situ terdapat administrasi.

The Liang Gie mengemukakan pengertian administrasi sebagai segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap suatu pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bekerjasama dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Luther Gulick pengertian ilmu administrasi adalah suatu sistem pengetahuan di mana manusia dapat mengerti hubungan-hubungan, meramalkan akibat-akibat dan mempengaruhi hasil pada suatu keadaan dimana setiap orang bekerjasama secara teratur untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dari defenisi para ahli yang sangat beragam tentang pengertian administrasi dan ilmu administrasi, kita dapat melihat adanya kesamaan antara pengertian yang dipaparkan oleh para ahli tersebut yaitu, antara lain:
a.    Kerja sama
b.    Banyak orang
c.    Untuk mencapai tujuan bersama

Uraian ketiga kata diatas dimaksudkan sebagai administrasi dalam arti yang luas, sedangkan pengertian dalam arti sempit adalah administrasi adalah tata usaha, seperti yang umum kita dengarkan sehari-hari.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Administrasi dan Ilmu Administrasi, semoga bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)


Pengertian Administrasi dan Ilmu Administrasi
Gambar tentang Pengertian Administrasi dan Ilmu Administrasi

loading...
PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN ILMU ADMINISTRASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS