Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday, 11 September 2015

PENGERTIAN PUBLIK DAN PENERAPANNYA

loading...

PENGERTIAN PUBLIK DAN PENERAPANNYA
Halo para pembaca. . . . Pada kesempatan kali ini Ahli Artikel akan memberikan sebuah artikel yang berjudul Pengertian Publik dan Terapannya . Semoga artikel ini bisa membuat para pembaca mengerti apa sebenarnya pengertian publik dan terapannya itu. Silahkan baca penjelasannya di bawah ini. . .

Pengertian Publik Dan Penerapannya
Istilah publik merupakan kata serapan dari bahasa Inggris  (public) yang berarti umum, negara, atau masyarakat. Di dalam bahasa Inggris pengertian publik (public) yang berarti umum, negara, dan masyarakati itu dipakai berganti-ganti sesuai dengan terapannya dalam suatu kalimat, seperti:

Pengertian publik yang diartikan sebagai “umum” di dalam bahasa Inggris misalnya, public offering yang berarti penawaran umum, public ownership yang berarti milik umum, public service operation yang berarti perseroan jasa umum, public switched network dengan arti jaringan telepon umum, serta public utility yang memiliki makna perusahaan umum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian publik yang diartikan sebagai “negara” di dalam bahasa Inggris adalah, public authorities yang berarti otoritas negara, public finance yang memiliki arti keuangan negara, public building yang bermakna gedung negara, public revenue yang memiliki makna penerimaan negara, public sector yang dengan arti sector negara, dan lain-lain.

Pengertian publik yang didefinisikan sebagai “masyarakat” di dalam bahasa Inggris (public) yaitu, public service yang berarti pelayanan masyarakat, public relation yang bermakna hubungan masyarakat, public interest yang bisa diartikan sebagai  kepetingan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Melihat penjelasan pengertian publik dalam bahasa Inggris (public) di atas, dapat kita lihat bahwa pengertian publik dalam bahasa Indonesia juga bisa juga diartikan sebagai umum, masyarakat, dan negara. Intinya, pengertian publik dapat diartikan sebagai sejumlah manusia yang memiliki kebersamaan dan menjalani kehidupan dalam suatu sistem.

Keberagaman pengertian dan definisi publik ini, disebabkan karena kata publik itu sendiri merupakan kata serapan yang di serap dari bahasa Inggris.

Demikianlah artikel yang mebahas tentang Pengertian Publik Dan Penerapannya, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)


Pengertian Publik Dan Penerapannya
Gambar tentang Pengertian Publik Dan Penerapannya


 


loading...
PENGERTIAN PUBLIK DAN PENERAPANNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS