Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday, 3 September 2015

SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG

loading...

Pada kesempatan kali ini, ahli artikel akan membahas tentang sistem pendidikan di Jepang. Seperti yang kita telah ketahui bersama bahwa Negara Jepang adalah salah satu Negara maju di masa sekarang ini. Di mata dunia, Jepang merupakan salah satu pengembang dan pemilik teknologi dimana perkembangan teknologi di sana sangatlah cepat. Apa yang membuat Negara Jepang bisa begitu maju seperti sekarang ini? Simak pembahasan artikel di bawah.

Sistem Pendidikan di Jepang| Negara Jepang, merupakan salah satu negera maju di masa sekarang ini. Teknologi yang berkembang dengan sangat cepat menjadi simbol kemajuan Negara Jepang ini. Salah satu faktor penyebab Negara Jepang bisa begitu maju adalah sumber daya manusia yang sangat aktif, disiplin, dan kreatif sehingga Negara Jepang selalu saja menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang membantu perkembangan Negara Jepang. Hal ini tentu saja bisa terjadi berkat sistem pendidikan di Jepang yang mampu membentuk pola pikir masyarakat jepang sehingga mereka mampu menjadi sumber daya manusia yang sangat kreatif.

Berbicara masalah sistem pendidikan di Jepang, tentu saja tidak lepas dari kurikulum pendidikan yang diterapkan di sana. Sistem pendidikan di Jepang mirip dengan sistem pendidikan di Indonesia dimana terdiri dari taman sekolah dasar (SD), Sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). 

Perbedaan sistem pendidikan di Jepang dan di Indonesia adalah, siswa sekolah dasar di Jepang tidak dibebani oleh ujian kenaikan kelas, murid kelas satu sekolah dasar di Jepang akan langsung naik ke kelas dua apabila telah menuntaskan semua proses belajar di kelas satu, setelah itu jika murid kelas dua telah menuntaskan semua proses pembelajarannya maka akan otomatis naik ke kelas tiga, dan akan berlangsung seperti itu terus menerus hingga kelas enam.

Setelah sampai kelas enam dan telah menuntaskan semua proses pembelajarannya, siswa SD bisa langsung mendaftarkan diri ke sekolah menengah pertama (SMP) di Jepang. Hal ini terjadi karena pada sistem pendidikan di Jepang telah mengelompokkan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sebagai Compulsory Education, sedangkan untuk sekolah menengah atas (SMA) dikelompokkan sebagai Educational Board. Dengan begitu, kita pasti sudah bisa menebak bahwa setelah menuntaskan studi pada sekolah menengah pertama (SMP) para siswa di Jepang harus mengikuti ujian tes masuk standar untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang SMA.

Sekolah di Jepang
Sekolah di Jepang| Kegiatan sekolah di Jepang sangat berpengaruh dalam mengembangkan sumber daya manusia di Jepang. Bagaimana tidak, pada tingkat SMP, hampir seluruh siswa di Jepang diwajibkan untuk belajar bahasa Internasional (bahasa Inggris). Selanjutnya, pada tingkat SMA para siswa akan lebih difokuskan dengan memilih jurusan yang mereka inginkan. Tidak berhenti sampai situ, untuk melatih jiwa nasionalis siswa Jepang mengadakan kegiatan belajar di luar kelas secara berkala, mereka di bawa ke lokasi-lokasi bersejarah di Jepang.

Pendidikan perilaku di kehidupan sehari-hari
Sistem Pendidikan di Jepang juga turut berperan dalam membentuk perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pada tingkat taman kanak-kanak (TK) siswa akan diperkenalkan dengan tata cara berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bebeapa tingkatan tertentu seperti SMP dan SMA pendidikan moral dan agama akan diajarkan oleh wali kelas masing-masing selama minimal satu jam dalam seminggu. Pada kegiatan belajar di luar kelas, siswa juga akan dibawa mengunjungi perkebunan dan akan belajar bagaimana memetik teh, menyiram dan merawat tanaman, hingga bagaimana cara menananm padi. Siswa juga akan diajarkan kemandirian dengan cara membagi siswa dalam beberapa kelompok dan mengajarkannya bagaimana menumpang kereta. Selain itu, para siswa juga di berikan kegiatan tanya jawab dengan berbagai nara sumber dan akan mempresentasikannya di depan kelas, hal ini bertujuan untuk melatih siswa dalam berinteraksi.

Dari beberapa pembahasan artikel di atas, dapat di simpulkan bahwa Sistem Pendidikan di Jepang
tidak hanya mengajarkan pelajaran yang menyangkut ilmu-ilmu dasar, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara berinteraksi dan mandiri. Itulah mengapa masyarakat di Jepang bisa sangat kreatif, dan disiplin.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Sistem Pendidikan di Jepang, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Sistem Pendidikan Di Jepang
Gambar tentang Sistem Pendidikan Di Jepang

loading...
SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS