Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday, 4 December 2015

CIRI-CIRI KEBIJAKAN PUBLIK

loading...

CIRI-CIRI KEBIJAKAN PUBLIK
Kali ini, Ahli Artikel akan memberikan artikel yang akan membahas mengenai ciri-ciri kebijakan publik. Silahkan baca sampai habis agar para pembaca bisa memahami dengan jelas apa ciri-ciri kebijakan publik.

Ciri-Ciri Kebijakan Publik| Ciri-ciri khusus yang melekat pada kebijakan publik, bersumber pada kenyataan bahwa suatu kebijakan itu dirumuskan oleh beberapa orang yang memiliki wewenang dalam sistem politik, yaitu para para ketua suku, tetua adat, para legislator, para eksekutif, para hakim, para administrator, para monarki dan lain sebagainya. Menurut David Easton, mereka inilah yang terlibat dalam urusan-urusan politik dari sistem politik dalam kesehariannya, dan dianggap oleh sebagian besar warga yang termasuk di dalam sistem politik itu sebagai pihak yang memiliki tanggung jawab atas urusan-urusan politik dan berhak untuk mengambil suatu tindakan tertentu sepanjang tindakan tersebut masih berada dalam batas wilayah peran dan kewenangan mereka.

Penjelasan di atas membawa implikasi tertentu terhadap konsep ciri-ciri kebijakan publik yaitu:
- Pertama, kebijakan publik lebih merupakan tindakan yang mengarah pada tujuan daripada sebagai perilaku atau tindakan yang memiliki unsur keberuntungan, serba acak dan kebetulan. Kebijakan-kebijakan publik  dalam sistem politik modern pada umumnya bukanlah merupakan suatu tindakan yang serba kebetulan,  melainkan tindakan yang telah direncanakan..

- Kedua, pada hakikatnya, kebijakan terdiri atas tindakan-tindakan yang saling berkaitan dan memiliki pola yang mengarah pada suatu tujuan tertentu, yang dimana tindakan-tindakan ini dilakukan oleh para pejabat pemerintah dan bukan merupakan keputusan yang berdiri sendiri. Misalnya, kebijakan yang tidak hanya mencakup keputusan untuk membuat undang-undang dalam suatu bidang tertentu, melainkan akan diikuti dengan keputusan yang ada sangkut pautnya dengan implementasi pemaksaan dalam pelaksanaannya.


- Ketiga, kebijakan  memiliki kaitan dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam suatu bidang tertentu, misalnya dalam mengatur perdagangan , mengendalikan inflasi, atau menggalakkan program perumahan rakyat bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dan bukan hanya sekedar apa yang ingin dilakukan oleh pemerintah dalam bidang-bidang tersebut.

- Keempat, kebijakan publik mungkin berbentuk positif, mungkin juga berbentuk negatif. Dalam bentuk positif, kebijakan publik mungkin akan mencakup beberapa bentuk tindakan pemerintah yang ditujukan untuk mempengaruhi masalah tertentu. Sedangkan dalam bentuk negatif, kebijakan publik kemungkinan meliputi keputusan-keputusan pejabat pemerintah untuk tidak bertindak, atau tidak melakukan tindakan apapun dalam suatu masalah dimana campur tangan pemerintah justru sangat diperlukan.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai Ciri-Ciri Kebijakan Publik. Semoga bermanfaat. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . 


Sumber:  Buku Analisis Kebijaksanaan-Dr.Solichin Abdul Wahab, M.A.

Ciri-ciri Kebijakan Publik
Gambar tentang Ciri-ciri Kebijakan Publik



loading...
CIRI-CIRI KEBIJAKAN PUBLIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS