Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday, 5 April 2016

PENGERTIAN LUBANG OZON

loading...

PENGERTIAN LUBANG OZON
Apa kabar teman-teman pembaca setia Ahli Artikel. Semoga semuanya baik-baik saja. Soalnya sekarang Ahli Artikel akan membagikan suatu artikel yang berjudul Pengertian Lubang Ozon. Nah, untuk itu tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk di baca sampai habis artikel yang berjudul Pengertian Lubang Ozon ini. Check this out…

Pengertian Lubang Ozon
Pengertian Lubang Ozon| Sebenarnya, apabila kita berbicara mengenai apa pengertian lubang ozon, maka mungkin saja beberapa diantara kita akan keliru dalam memaknai apa pengertian lubang ozon itu. Sebab, lubang ozon yang dimaksudkan disini adalah penurunan drastis kadar ozon akibat dari beberapa pencemaran gas dan bahan-bahan kimia yang bisa merusak ozon. 

Pada pertengahan tahun 1980-an, para ilmuwan terkejut ketika menemukan fakta bahwa lapisan ozon di atmosfer yang berada di atas Kutub Selatan telah berkurang sehingga menimbulkan lubang ozon. Ozon, yang terbentuk dari tiga atom oksigen, dapat menjadi pencemar yang sangat merugikan apabila berada dekat dengan tanah. Di sisi lain, pada lapisan stratosfer, ozon memiliki peran yang sangat penting sebagai pelindung bumi dari cahaya ultraviolet yang berbahaya. Data dari satelit memperlihatkan bahwa lubang ozon terbentuk di atas Antartika pada bulan September dan Oktober, selama musim semi di daerah selatan. Para ilmuwan meyakini bahwa gas-gas klorofluorokarbon (CFC) yang lepas berperan sebagai pencemar lapisan ozon yang menyebabkan timbulnya lubang ozon. Pada akhirnya, sebagai tindak lanjut penemuan ini, sejak tahun 2000 berlaku larangan global terhadap produksi CFC.

Proses Terjadinya Lubang Ozon
Proses Terjadinya Lubang Ozon, dapat kita lihat pada penjelasan singkat di bawah ini:
1. Ketika molekul oksigen (O2) diuraikan oleh cahaya ultraviolet, molekul itu akan bergabung dengan oksigen bebas (O) dan akan membentuk ozon(O3). CFC yang mencapai lapisan stratosfer juga akan diuraikan oleh cahaya ultraviolet dan akan menghasilkan senyawa klorin (Cl). Klorin kemudian mencuri satu atom oksigen dari ozon itu sehingga menghancurkannya dan menghasilkan klorin monoksida (ClO). Tetapi, atom oksigen dalam ClO itu tertarik oleh atom oksigen bebas dan akan melepaskan diri sehingga menjadi O2, serta meninggalkan klorin bebas yang akan menghancurkan ozon lagi.

2. Di atas Antartika, selama musim dingin dan musim semi, timbul arus udara kuat yang menciptakan sel-sel udara kutub yang tidak bercampur dengan udara dari luar. Tidak adanya cahaya matahari pada musim dingin, akan mencegah terbentuknya ozon baru di dalam sel-sel tadi. Penghancuran ozon oleh klorin juga akan terhenti. Kristal es yang terbentuk dalam cuaca yang amat dingin (sekitar -80 derajat Celcius) menyebabkan klorin monoksida bereaksi dengan H2O dan akan membentuk sejumlah asam hipoklorit.

3. Musim semi membawa kerusakan pada lapisan ozon di atas Antartika sewaktu sinar matahari memancar kembali dan menguraikan asam hipoklorit yang terbentuk selama musim dingin. Klorin itu dilepaskan dan bereaksi, sehingga menimbulkan kerusakan di lapisan ozon dan terbentuklah lubang ozon.

4. Lubang atmosfer yang mengandung kadar ozon yang sangat rendah (lubang ozon) terbentuk di atas Antartika pada setiap musim semi dengan proses seperti ini. Lubang ozon dapat terbentuk kembali di atas daerah berpenduduk di belahan bumi Utara apabila pencemaran CFC terus berlanjut dan tidak dihentikan.

Itulah tadi serangkaian penjelasan mengenai artikel yang berjudul Pengertian Lubang Ozon. Semoga bisa menyadarkan kita semua tentang pentingnya lapisan Ozon sehingga kita semua tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan lebih banyak lubang Ozon.
SELAMAT BELAJAR. . . . . .


SUMBER: BUKU CUACA DAN IKLIM-HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Pengertian Lubang Ozon
Gambar tentang Pengertian Lubang Ozon


loading...
PENGERTIAN LUBANG OZON Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS