Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday, 29 May 2016

PENGERTIAN DATA KUANTITATIF BESERTA CONTOH DATA KUANTITATIF

loading...

PENGERTIAN DATA KUANTITATIF BESERTA CONTOH DATA KUANTITATIF
Bagaimana kabar kalian semua? Semoga baik-baik saja yah. Kali ini Ahli Artikel akan membagikan suatu artikel yang akan membahas mengenai Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif. Silahkan langsung saja di baca artikel yang berjudul Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif di bawah ini.

Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif
Di dunia ini, ada banyak sekali data yang sering kita temui, salah satunya adalah data kuantitatif. Jika kita melihat data dari sifat data dan jenis data, maka data itu bisa kita golongkan menjadi data kuantitatif dan data kualitatif. Namun pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas mengenai data kuantitatif saja. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan mengenai pengertian data kuantitatif di bawah ini.

Pengertian Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data yang berwujud angka atau bilangan, dapat terukur, dan nilainya jelas. Oleh karena itu, dalam data kuantitatif ini kita bisa melakukan berbagai macam operasi matematika di dalamnya seperti penambahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, dan sebagainya. Karena dalam data kuantitatif ini bisa diproses dengan berbagai macam operasi matematika, maka nilai dalam data kuantitatif ini dapat berubah-ubah, dan karena nilai data kuantitatif yang berubah-ubah ini,  data kuantitatif seringkali juga disebut dengan data variabel. 

Berdasarkan bentuknya, data kuantitatif itu bisa dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Data kuantitatif cacahan (distrik)
Data kuantitatif cacahan (distrik) ini, biasanya memiliki interval dan didapatkan dengan cara membilang (suatu metode menghitung dengan cara mengurutkan atau menghitung satu per satu dengan tujuan untuk mengetahui jumlah).

2. Data kuantitatif ukuran (rasio atau kontinu)
Data kuantitatif ukuran (rasio atau kontinu) ini, merupakan data dalam bentuk angka yang memiliki arti yang sebenarnya, sehingga dalam data jenis ini memiliki nilai nol. Data Kuantitatif jenis ini, diperoleh dengan cara mengukur.

Contoh-Contoh Data Kuantitatif
Di bawah ini, akan diberikan beberapa contoh data kuantitatif dan penjelasan terhadap contoh tersebut
a. Contoh Data Kuantitatif Cacahan
- Pengunjung Kedai kopi hari ini terdiri dari 13 pria, dan 29 wanita
Penjelasan: Data diatas termasuk data cacahan (distrik), karena dalam memperoleh data tersebut diperoleh dengan cara membilang (suatu teknik menghitung dengan cara mengurutkan atau menghitung satu per satu dengan tujuan untuk mengetahui jumlah). Dalam contoh kali ini, pengambilan data melalui proses membilang ini dilakukan dengan cara menghitung satu-persatu pengunjung kedai Kopi yang datang pada hari itu.
- Peserta  lomba sains matematika tahun 2013 berjumlah 110 orang.
Penjelasan: Data diatas tergolong data distrik (cacahan) karena data diatas adalah data pada tahun 2013, dimana sudah pasti ada data pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga sangat jelas terlihat bahwa data diatas memiliki interval.

b. Contoh Data Kuantitatif Rasio
- Tinggi gedung D adalah 911 meter.
Penjelasan: Contoh data diatas dapat digolongkan sebagai data rasio karena untuk memperoleh tinggi gedung D, sudah tentu harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu.
- Tanah yang saya tawarkan memiliki luas 10 meter persegi.
Penjelasan: data diatas tergolong data rasio karena untuk menghitung luas tanah, terlebih dahulu harus dilakukan pengukuran dan perhitungan.

Itulah tadi artikel yang memaparkan tentang Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif. Semoga bisa menambah wawasan dan membawa manfaat bagi para pembaca semua.
SELAMAT BELAJAR. . . . .  

Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif
Gambar tentang Pengertian Data Kuantitatif Beserta Contoh Data Kuantitatif

loading...
PENGERTIAN DATA KUANTITATIF BESERTA CONTOH DATA KUANTITATIF Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS