Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday, 14 November 2016

ORGANELA YANG TERDAPAT DALAM SITOPLASMA: LISOSOM, SENTROSOM, VAKUOLA, KHLOROPLAS.

loading...

ORGANELA YANG TERDAPAT DALAM SITOPLASMA: LISOSOM, SENTROSOM, VAKUOLA, KHLOROPLAS.
Apa kabar sahabat Ahli Artikel? Semoga kalian semua dalam keadaan yang sehat agar kalian semua bisa membaca artikel yang akan dibagikan kali ini. Artikel yang akan dibagikan kali ini berjudul Organela Yang Terdapat Dalam Sitoplasma: Lisosom, Sentrosom, Vakuola, Khloroplas. Silahkan dibaca penjelasannya lebih lanjut agar kalian semua bisa memahami penjelasan artikel kali ini.

Organela Yang Terdapat Dalam Sitoplasma: Lisosom, Sentrosom, Vakuola, Khloroplas
Lisosom

Lisosom| Lisosom adalah struktur yang agak bulat yang dibatasi oleh membran tunggal. Lisosom hanya ditemukan pada sel hewan saja, dan hingga saat ini belum ada bukti-bukti yang meyakinkan bahwa lisosom juga ditemukan pada sel-sel tumbuhan. Lisosom berisi enzim-enzim hidrolitik yang berfungsi untuk memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, protein dan asam inti. Pada daerah yang sedang tumbuh, seperti daerah penulangan, lisosom berperan dalam memakan jaringan yang hancur. Pada metamorfosis katak, ekornya secara bertahap akan dihancurkannya. Sel-sel ekornya yang kaya akan lisosom, akan mati dan hasil penghancurannya digunakan dalam pertumbuhan sel-sel baru bagi katak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sentrosom
Sentrosom|  Dilihat dari namanya, kita dapat menduga bahwa organel ini berada disentral sel, berdekatan dengan inti. Sentrosom mempunyai bentuk yang menyerupai bola-bola duri karena adanya serat-serat radial. Di dalamnya terdapat sentrosfer yang mengandung dua buah sentriol. Kedua sentriol saling tegak lurus sesamanya, masing-masing sentriol terdiri dari Sembilan filament yang membentuk silinder. Sejenak sebelum sel membelah diri, sentriolnya menduplikasi diri, dan masing-masing pergi ke arah kutub yang berlawanan. Sesampainya di kutub sel, masing-masing sentriol ini berubah menjadi titik kutub atau bintang kutub. Dari keduanya kemudian tumbuh serat-serat gelendong yang menghubungkannya. Serat gelendong ini seringkali disebut dengan gelendong pembelahan. Pengertian Gelendong pembelahan adalah tempat menempelnya kromosom saat terjadi pembelahan sel. Pada beberapa sel, sentriol akan menduplikasi diri dan membentuk basal bodi dari silia dan flagella.

Vakuola
Vakuola| Pengertian vakuola adalah organel sitoplasmik yang dibatasi oleh selaput tipis yang disebut tonoplas, umumnya tonoplas berupa rongga atau gembungan. Pada sel-sel hewan, vakuola ini jarang terdapat atau kalau ada jumlahnya kecil, sedangkan pada sel tumbuhan selalu terdapat vakuola, baik yang kecil, menengah, ataupun yang besar. Di dalamnya ada beraneka bahan yang tersimpan seperti simpanan bahan makanan, bahan-bahan buangan atau ampas metabolisme, pigmen, dan simpanan produksi misalnya minyak atsiri yang mudah menguap, dan juga madu.

Khloroplas
Khloroplas| khloroplas hanya terdapat pada tumbuhan dan ganggang tertentu. Pada sel-sel tumbuhan, khloroplas umumnya dijumpai dalam bentuk cakram dengan diameter antara 5-8 nm, dan tebalnya antara 2-4 nm. Khloroplas dibatasi oleh membran rangkap, di dalamnya terdapat cairan atau matriks fluida yang disebut stroma. Di dalam stroma terdapat struktur membran yang disebut tilakoid. Tumpukan tilakoid disebut granum. Bagian dalam tilakoid dinamakan lokulus. Tilakoid yang menghubungkan antar grana disebut fret. Di dalam membran tilakoid terdapat enzim-enzim untuk kelengkapan reaksi terang fotosintesis, dan disinilah terdapatnya klorofil. Jadi fungsi tilakoid adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis. Sedangkan pada stroma terdapat enzim-enzim yang sangat penting untuk reduksi CO2 menjadi karbohidrat. Jadi fungsi stroma adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi gelap fotosintesis.

Nah, diatas tadi adalah serangkaian penjelasan dari artikel yang berjudul Organela Yang Terdapat Dalam Sitoplasma: Lisosom, Sentrosom, Vakuola, Khloroplas. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca setia semuanya.
SELAMAT BELAJAR. . . 

SUMBER ARTIKEL ORGANELA YANG TERDAPAT DALAM SITOPLASMA: LISOSOM, SENTROSOM, VAKUOLA, KHLOROPLAS:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007


Organela Yang Terdapat Dalam Sitoplasma: Lisosom, Sentrosom, Vakuola, Khloroplas
Gambar tentang Organela Yang Terdapat Dalam Sitoplasma: Lisosom, Sentrosom, Vakuola, Khloroplas

loading...
ORGANELA YANG TERDAPAT DALAM SITOPLASMA: LISOSOM, SENTROSOM, VAKUOLA, KHLOROPLAS. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS