Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday, 15 November 2016

POLISAKARIDA PENYUSUN DINDING SEL TUMBUHAN TINGGI

loading...

POLISAKARIDA PENYUSUN DINDING SEL TUMBUHAN TINGGI
Pada waktu luang kali ini, ijinkan Ahli Artikel hadir dan mengisi waktu luang para pembaca setia dengan artikel yang berjudul Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi. Agar para pembaca bisa memahami dan mengetahui penjelasannya, silahkan langsung saja dibaca sampai habis artikel yang berjudul Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi di bawah ini.

Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi
Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi| Ada tiga macam polisakarida penyusun dinding sel tumbuhan tinggi, yaitu selulosa, hemiselulosa, dan polisakarida pektat atau substansi pektat. Selain itu, terdapat juga protein struktural pada dinding primer, dan plastik biologis sebagai pengisi dan penutup permukaan luar dari dinding primer maupun dinding sekunder. 

Dibawah ini akan kembali dijelaskan secara singkat apa saja Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi, adalah:

1. Selulosa
Selulosa terdapat pada dinding primer maupun dinding sekunder. Walaupun selulosa terdapat pada dinding primer dan sekunder, namun yang paling banyak dipelajari adalah dari dinding sekunder saja. Hal ini terjadi karena penyusun dinding sekunder sebagian besar adalah selulosa. Kira-kira 48% dari berat kering kayu terdiri dari selulosa, dan serat kapas kering mengandung kira-kira 98% selulosa. Selulosa pada sel tanaman membentuk serat atau mikrofibril. Setiap mikrofibril terdiri atas 40-70 rantai glukan.

2. Hemiselulosa
Hemiselulosa adalah heteropolimer dan sangat bercabang. Yang termasuk dalam hemiselulosa adalah xilan, arabinoxilan, galaktomannan, dan xiloglukan. Hemiselulosa mempunyai ciri diantaranya adalah struktur tulang punggung dengan ikatan rantai pendek, seringkali hanya dengan satu macam gula saja, dan struktur tiga dimensinya yang sukar membentuk Kristal. Walaupun material ini sukar membentuk Kristal, tetapi dapat membetuk Kristal apabila bertemu dengan selulosa. Fungsi hemiselulosa ini adalah sebagai pelapis atau pembungkus mirofibril selulosa, yang bertindak sebagai substansi perekat.


3. Pektin
Pektin adalah polisakarida komplek dengan struktur yang bervariasi. Salah satu keistimewaan dari pectin adalah mempunyai gugus asam yang diberikan oleh asam glukoronat dan asam galakturonat. Strukturnya sangat bercabang , bersifat asam, mengandung gugusan karboksil, dan bermuatan negatif pada pH fisiologik.

4. Protein Struktural dan Plastik Biologis
Dinding sel juga mengandung komponen nonpolisakarida. Salah satu diantaranya adalah protein. Protein dapat diisolasi dari dinding primer. Protein sangat kaya akan hidroksiprolin yang dapat mencapai lebih dari 25%. Protein juga mengandung peptida triptat, terdiri atas Serin-Hidroksiprolin yang dengan arabinose tetrasakarida glikosdik berikatan akan membentuk hidroksiprolin. Pada bagian lain, hidroksiprolin berikatan dengan glukosa dan galaktosa. Struktur tiga dimensi protein ini menjadi sangat kaku, panjang dan tahan terhadap pemecahan enzim proteolitik. Walaupun fungsinya dalam dinding sel belum diketahui, diperkirakan bahwa makromolekul ini memainkan peran dalam pengorganisasian sel. 

Nonpolisakarida lain didalam dinding sel adalah plastik biologis yang disebut dengan lignin. Lignin terbentuk dari polimerisasi radikal-radikal bebas yang berasal dari precursor lignin. Lignin dapat dijumpai baik pada dinding primer maupun dinding sekunder.

Plastik biologis lain adalah kutin. Umumnya kutin sebagai penutup permukaan sel. Strukturnya belum jelas, tetapi sudah diketahui mengandung asam lemak, gugus hidroksil pada C16-C18 terikat secara kovalen dengan ikatan ester. Polimer ini sebagai pembungkus atau pelapis dengan lilin (wax), sehingga permukaan dinding sel menjadi sangat tahan terhadap adanya dehidrasi. Di samping itu kutin juga bertindak sebagai pelindung adanya luka dan pathogen.


Diatas adalah pemaparan dari artikel yang berjudul Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian semua.
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL POLISAKARIDA PENYUSUN DINDING SEL TUMBUHAN TINGGI:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007    

Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi
Gambar tentang Polisakarida Penyusun Dinding Sel Tumbuhan Tinggi

loading...
POLISAKARIDA PENYUSUN DINDING SEL TUMBUHAN TINGGI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS