Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday, 14 November 2016

PROTEIN SEBAGAI SALAH SATU MOLEKUL PENYUSUN MEMBRAN PLASMA

loading...

PROTEIN SEBAGAI SALAH SATU MOLEKUL PENYUSUN MEMBRAN PLASMA
Halo sobat, ketemu lagi dengan Ahli Artikel yang pada kesempatan kali ini akan membagikan artikel yang berjudul Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma. Biar tidak penasaran langsung saja yuks di baca artikel yang berjudul Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma di bawah ini.

Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma
Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma| Seperti halnya molekul lipid, molekul protein juga sebagai salah satu komponen penyusun membran plasma. Pada model membran yang diajukan oleh Singer dan Nicolson, tampak bahwa berdasarkan letaknya, molekul protein penyusun membran terdiri dari protein perifer (ekstrinsik) dan protein integral (intristik).

Molekul protein penyusun membran plasma juga dapat bergerak seperti halnya molekul lipid. Gerakan molekul protein ini ada 3 macam yaitu:
1) Gerakan ke arah lateral/diagonal pada membran plasma.
2) Gerakan rotasi searah pada dwilapis membran plasma.
3) Gerakan tegak lurus atau melintas pada dwilapis membran plasma.

Gerakan-gerakan molekul baik fosfolipid maupun molekul protein inilah yang kemudian menjadi dasar adanya transport materi melalui membran plasma.

Molekul-molekul protein perifer dapat berikatan dengan molekul karbohidrat (glikoprotein) dan diantaranya berperan dalam reaksi imunologis, serta dapat bertindak sebagai reseptor. Sedangkan molekul protein integral umumnya berkaitan dengan proses transport dan proses-proses enzimastis. Molekul protein yang berkaitan dengan proses transport juga ada bermacam-macam, antara lain protein dapat membentuk kanal (channel), ada yang bertindak sebagai pembawa (carrier), yang mempunyai tempat pengikat khusus (binding site), dan sebagainya.

Ada kalanya molekul protein transmembran hanya membentang sekali pada ketebalan membran plasma, tetapi ada kalanya ekstrim dengan menembus membran beberapa kali.

Glikoprotein, adalah protein transmembran pada eritrosit manusia yang hanya sekali menembus dwilapis membran plasma, sedangkan bakteri orhodopsin adalah protein transmembran yang menembus susunan dwilapis membran plasma sampai tujuh kali.

Demikianlah penjelasan dari artikel yang berjudul Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma tadi. Semoga artikel yang dibagikan kali ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca semua. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL PROTEIN SEBAGAI SALAH SATU MOLEKUL PENYUSUN MEMBRAN PLASMA:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma
Gambar tentang Protein Sebagai Salah Satu Molekul Penyusun Membran Plasma


loading...
PROTEIN SEBAGAI SALAH SATU MOLEKUL PENYUSUN MEMBRAN PLASMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS