Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday, 16 November 2016

SELUBUNG SEL (CELL COAT)

loading...

SELUBUNG SEL (CELL COAT)
Hello kawan-kawan pembaca setia Ahli Artikel. Kali ini, giliran dari artikel yang berjudul Selubung Sel (cell coat) yang akan dipersembahkan untuk menambah wawasan kalian. Nah, tunggu apa lagi? Yuk langsung saja di baca artikel yang berjudul Selubung Sel (cell coat) di bawah ini.

Selubung Sel (Cell Coat)
Selubung Sel (Cell Coat)| Pada mulanya orang menduga bahwa perbedaan utama antara sel hewan dengan sel tumbuhan itu terletak pada ada atau tidaknya selubung karbohidrat di bagian luar membran selnya. Di bagian luar dari membran plasma sel-sel tumbuhan terdapat dinding sel yang tersusun dari selulosa, hemiselulosa, dan substansi pektat. Ketiga makromolekul ini adalah karbohidrat. Kini dengan kecanggihan mikroskop elektron telah diketahui bahwa di bagian luar membran plasma dari sel-sel hewan juga terdapat selubung sel yang tersusun dari karbohidrat juga. Selubung inilah yang disebut dengan selubung sel (cell coat) atau glikokaliks.

Adanya glikokaliks (cell coat) dapat ditunjukkan dengan merah ruthenium (ruthenium red) dan penandaan dengan lektin. Lektin adalah protein yang berasal dari beberapa jenis organisme, baik tumbuhan maupun hewan. Lektin mempunyai tempat (binding site) yang dapat mengenali adanya gula tertentu, karena itu sekarang lektin dikembangkan untuk menentukan lokasi dan sarana untuk mengisolasi molekul-molekul gula dalam membran plasma. Selain karbohidrat yang terikat pada protein dan fosfolipid membran, glikokaliks dapat pula mengandung glikoprotein yang disekresikan dan kemudian menempel  pada permukaan sel. Walaupun selubung sel tidak perlu untuk integritas sel dan permeabilitas membran plasma, namun dari berbagai pengamatan dapat diduga adanya fungsi-fungsi yang penting. Diduga molekul karbohidrat ini berperan penting dalam proses pengenalan sel dengan sel lain atau sel dengan substansi antar sel.

Jadi, itulah tadi sedikit penjelasan dan pemaparan terkait artikel yang berjudul Selubung Sel (Cell Coat). Semoga artikel yang dibagikan kali ini bisa melengkapi wawasan para pembaca semua terkait sel. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL SELUBUNG SEL (CELL COAT) :
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Selubung Sel (Cell Coat)
Gambar tentang Selubung Sel (Cell Coat)



loading...
SELUBUNG SEL (CELL COAT) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS