Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday, 26 November 2016

STRUKTUR MOLEKUAR RETIKULUM ENDOPLASMA

loading...

STRUKTUR MOLEKUAR RETIKULUM ENDOPLASMA
Apa kabar para sahabat pembaca semuanya? Kali ini, ijinkan Ahli Artikel untuk membagikan suatu artikel yang akan menjelaskan mengenai Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma. Agar kita semua bisa memahami penjelasan dari artikel kali ini, mari kita baca dan simak baik-baik penjelasan artikel yang berjudul Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma di bawah ini.

Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma
Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma| Retikulum endoplasma (RE) apabila diamati tampak berupa lembaran yang terlipat-lipat, mengelilingi suatu ruangan yang disebut lumen atau sisterna yang berbentuk labirin. Apabila diamati lebih teliti, Retikulum Endoplasma terdiri atas tubulus-tubulus, vesikel dan kantong-kantong pipih yang menempati ruang sitoplasma. Membran Retikulum Endoplasma sifatnya kontinyu dan tidak terputus, serta tertutup membentuk lumen yang memisahkan dengan lingkungan sitoplasma. Retikulum Endoplasma terdiri dari dua bentuk, yaitu:
1. Retikulum Endoplasma Kasar (REK) atau Retikulum Endoplasma Granular (REG), disebut demikian karena pada permukaan membran luarnya ditempeli oleh ribosom.
2. Retikulum Endoplasma Halus (REH) atau Retikulum Endoplasma Agranular (REA), disebut demikian karena permukaan luar membrannya tidak ditempeli oleh ribosom. 

Keduanya berbeda dalam bentuk dan susunannya. REK merupakan tumpukan kantong-kantong pipih yang disebut sisterna. Sedangkan REH merupakan anyaman saluran-saluran halus. Ribosom tidak pernah dijumpai di permukaan dalam Retikulum Endoplasma, baik pada REK maupun REH. Berdasarkan strukturnya tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi membran Retikulum Endoplasma tidak simetris, meskipun ketidaksimetrisan ini tidak hanya tergantung pada ada dan tidaknya ribosom saja.

Sebagian besar sel-sel eukariotik mengandung RE, tetapi perlu kita ketahui bahwa jumlah maupun jenisnya bervariasi. Misalnya pada pankreas lebih banyak mengandung REK, sedangkan pada sel-sel epithelial sebagian besar kandungannya adalah REH. Jumlah total pada beberapa sel berbeda-beda, pada sel-sel pankreas misalnya, sangat rapat dengan Retikullum Endoplasma, sedangkan pada sel-sel tumbuhan tinggi hanya sedikit. Jumlah total dan proporsi antara REK dan REH berubah-ubah tergantung pada keadaan metabolisme sel. Sel-sel yang mensintesis dan mensekresikan protein memiliki REK lebih banyak dibandingkan dengan REH.

Sebagai organela yang termasuk dalam sistem membran, dibandingkan dengan membran sel, maka membran Retikulum Endoplasma relatif lebih tipis. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan komposisi molekulnya. Pada membran Retikulum Endoplasma kandungan proteinnya lebih tinggi daripada lipidnya bila dibandingkan dengan membran sel. Selain itu kadar kolesterolnya lebih rendah daripada membran sel, sehingga menyebabkan membran Retikulum Endoplasma sifatnya lebih stabil dan kental. Fosfatidilkolin lebih banyak tetapi sisfingomielinnya lebih sedikit dibandingkan membran sel atau dengan kata lain asam lemak fosfolipid membran Retikulum Endoplasma lebih pendek dan banyak yang tidak jenuh. Hal ini menyebabkan perpindahan ke arah lateral menjadi lebih mudah daripada membran sel sehingga membran Retikulum Endoplasma dikatakan lebih dinamis dibandingkan dengan membran sel.

Sampai disini dulu penjelasan dari artikel yang berjudul Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma. Semoga para pembaca bisa memahami sekaligus mendapatkan manfaat setelah membaca artikel kali ini.. . 
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKIEL STRUKTUR MOLEKUAR RETIKULUM ENDOPLASMA:
- BUKU BIOLOGI SEL | SUMADI - ADITYA MARIANTI | GRAHA ILMU | 2007

Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma
Gambar tentang Struktur Molekuar Retikulum Endoplasma

loading...
STRUKTUR MOLEKUAR RETIKULUM ENDOPLASMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS