Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday, 15 November 2016

ULTRA STRUKTUR KLOROPLAS

loading...

ULTRA STRUKTUR KLOROPLAS
Nah, pada kesempatan kali ini Ahli Artikel ingin membagikan suatu artikel yang akan menjelaskan mengenai Ultra Struktur Kloroplas. Come on, langsung saja yah lihat penjelasan selengkapnya pada artikel yang berjudul Ultra Struktur Kloroplas di bawah ini.

Ultra Struktur Kloroplas
Ultra Struktur Kloroplas| Kloroplas umumnya berkaitan dengan fotosintesis pada tumbuhan hijau, baik yang bersel satu ataupun yang bersel banyak. Beberapa diantara organisme yang melakukan fotosintesis meliputi ganggang merah, coklat, dan ganggang hijau, demikian juga organisme peralihan (plantlike) seperti Euglena, Dinoflagelata, dan Diatomae.

Kloroplas merupakan salah satu organela yang terdapat pada sel tumbuhan. Pada sel-sel tumbuhan tingkat tinggi umumnya berisi antara 50-200 buah kloroplas. Kloroplas dapat dilihat dengan mikroskop cahaya dengan tingkat perbesaran yang paling tinggi. Panjangnya antara 5-10 nm. Dilihat dari atas bentuknya lonjong atau elips, dilihat dari salah satu sisinya dapat berupa permukaan atas cembung dan permukaan bawahnya cekung, atau datar, dan ada juga yang bikonvek (kedua permukaannya cembung).

Pada tumbuhan rendah bentuk kloroplas bervariasi. Pada Euglena gracillis terdapat 10 buah kloroplas pada tiap selnya, pada Chlamidomonas terdapat satu kloroplas berbentuk mangkuk. Ganggang Spirogyra mempunyai kloroplas yang berbentuk seperti pita dan letaknya spiral di sepanjang selnya.

Kloroplas mempunyai membran rangkap, antara membran luar dan membran dalam dipisahkan oleh ruang antar membran. Membran dalam tidak membentuk Krista seperti mitokondria, namun dapat berhubungan dengan kompleks dengan membran di bagian dalamnya. Disela-sela komplek membran berisi matrik yang amorf disebut stroma. Di dalam stroma, stroma tilakoid dan grana tersuspensi. Jadi stroma setara dengan matriks mitokondria.

Kompleks membran internal sebagian besar mempunyai bentuk seperti kantung pipih yang disebut tilakoid. Tumpukan tilakoid biasanya disebut dengan granum. Satu tilakoid dari granum disebut tilakoid granum. Sebuah tilakoid yang melebar ke dalam stoma disebut tilakoid stroma. Tilakoid yang menghubungkan antar grana disebut fret. Pada umumnya fret lebih dikenal dengan istilah lamella grana. Bagian dalam tilakoid disebut lokulus.

Dengan adanya komplek membran pada kloroplas, terdapat kompartemen yang terpisah yaitu ruang antar membran, lokulus, dan stroma. Dari kebanyakan hasil eksperimen membuktikan bahwa lokulus merupakan ruangan yang terpisah dari ruang antar membran. Tilakoid merupakan tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis, sedangkan stroma merupakan tempat berlangsungnya reaksi gelap fotosintesis.

Dibawah ini akan dijelaskan dan diuraikan lebih lanjut mengenai apa saja Ultra Struktur Kloroplas itu:
1. Membran Luar Kloroplas
Membran luar kloroplas tumbuhan tinggi dipisahkan dari membran dalam oleh ruang antar membran yang tebalnya 10 nm. Membran ini permeable terhadap senyawa-senyawa dengan berat molekul rendah seperti nukleotida, fosfat inorganic, derivate yang mengandung fosfat, asam karboksilat, dan sukrosa. Jadi ruang antar membran dapat dengan bebas menggunakan segala macam molekul nutrient dari sitosol. Dilihat dari permeabilitasnya, fungsi membran luar kloroplas dan mitokondria mempunyai persamaan.


2. Membran Dalam Kloroplas
Membran dalam kloroplas merupakan penghalang antara sitosol dan stroma kloroplas. Membran dalam permeable terhadap sukrosa, sorbitol, dan bermacam-macam anion misalnya trikarboksilat, fosfat, persenyawaan seperti nukleotida dan gula fosfat.
Meskipun membran dalam impermeable terhadap sejumlah persenyawaan, namun membran dalam permeable terhadap CO2 dan asam monokarboksilat tertentu seperti asam asetat, asam gliserat, dan asam glikolat, serta kurang permeable terhadap asam amino.
Seperti membran dalam mitokondria, membran dalam kloroplas berisi kurir khusus untuk mentraspor agen metabolic penting dalam fotosintesis seperti fosfat, fosfogliserat, dihidroksoaseton fosfat, dikarboksilat, dan ATP.


3. Sistem Membran Internal
Membran internal merupakan jaringan membran yang sangat komplek pada stroma. Mengenai bentuk fisik yang sebenarnya, telah diketahui dengan pasti bahwa membran tilakoid berisi enzim-enzim yang lengkap untuk reaksi terang fotosintesis. Di sinilah terdapatnya klorofil, pembawa elektron, dan faktor yang menggandeng transportasi elektron pada fosforilasi.
Mikrograf elektron dari sistem membran internal dapat menunjukkan adanya struktur berkepala (knoblike) seperti yang terdapat pada mitokondria. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa struktur knoblike ini adalah partikel F1 yang merupakan tempat aktifitas ATP-ase dan sintesis ATP.


4. Stroma dan Inklusinya
Stroma merupakan tempat enzim-enzim yang penting untuk asimilasi CO2 menjadi karbohidrat. Berbagai partikel sering ditemukan dalam stroma, diantaranya adalah partikel amilum yang panjangnya dapat mencapai 2 nm. Fiksasi dengan osmium tetraoksida dapat dilihat dengan adanya partikel plastoglobulin yang letaknya bebas dalam stroma. Stroma juga tempat penimbunan lemak terutama plastoquinon dan tokoforilquinon. Pada stroma terdapat pula AND dan ribosom.

Ok, gimana menurut teman-teman penjelasan mengenai artikel yang berjudul Ultra Struktur Kloroplas ini? Semoga bisa menambah wawasan kalian yah. Terima kasih sudah membaca. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL ULTRA STRUKTUR KLOROPLAS:
- BUKU BIOLOGI SEL | SUMADI - ADITYA MARIANTI | GRAHA ILMU | 2007

Ultra Struktur Kloroplas
Gambar tentang Ultra Struktur Kloroplas


loading...
ULTRA STRUKTUR KLOROPLAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS