Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday, 11 January 2017

HAKIKAT DAN PENGERTIAN HAM (HAK ASASI MANUSIA)

loading...

HAKIKAT DAN PENGERTIAN HAM (HAK ASASI MANUSIA)
Yak, kembali lagi dengan Ahli Artikel yang pada kesempatan kali ini akan memberikan suatu artikel yang ankan mengulas mengenai Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia). Untuk itu, yuk, dibaca secara seksama penjelasan dari artikel yang berjudul Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia) di bawah ini.

Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia)
Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia)| Istilah HAM (Hak Asasi Manusia) merupakan terjemahan dari istilah “droits de I’homme (bahasa Perancis)”  yang berarti “hak manusia”, atau dalam bahasa Inggrisnya adalah “Human Right”, yang dalam bahasa Belanda disebut “menselijke rechten”. Di Indonesia umumnya dipergunakan istilah : “Hak Asasi”, yang merupakan terjemahan dari basic rights dalam bahasa Inggris dan grondrecten dalam Bahasa Belanda. Sebagian orang menyebutkannya dengan istilah “Hak Fundamental”, sebagai terjemahan dari fundamental dalam bahasa Inggris dan “Fundamentele Rechten” dalam Bahasa Belanda. Di Amerika Serikat, selain dipergunakan istilah human rights, dipakai juga istilah civil rights.

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) yang merupakan alih bahasa dari istilah “droits de I’homme", yang rangkaian lengkapnya berbunyi “Declaration des droits de I’homme et du citoyen” atau Pernyataan Hak Manusia dan Warganegara Perancis yang diproklamirkan pada tahun 1789, sebagai pencerminan keberhasilan revolusi warganegaranya yang bebas dari kekangan kekuasaan penguasa tunggal di Negara tersebut. Di Indonesia seringkali dipergunakan istilah “Hak Dasar Manusia”. Di dalam berbagai Peraturan perundang-undangan, misalnya dalam Konstitusi Republik Indonesia Serikat 1949, Undang-undang dasar Sementara 1950, Ketetapan MPRS Nomor XIV/MPRS/1966 bahkan dalam Ketetapan MPR No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Eka Prasetya Pancakarsa), dipergunakan istilah “HAM (Hak Asasi Manusia)”

Hak tersebut berarti: Hak yang melakat pada martabat manusia yang melekat padanya sebagai insan ciptaan Allah Yang Maha Esa Atau hak-hak dasar yang prinsip sebagai anugerah Illahi. Berarti menurut kodratnya, yang tidak dapat dipisahkan dari hakekatnya. Karena itu HAM (Hak Asasi Manusia) bersifat luhur dan suci.

Demikianlah uraian dari artikel yang berjudul Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia) diatas. Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan para pembaca semuanya. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia):
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983

Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia)
Gambar tentang Hakikat Dan Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia)

loading...
HAKIKAT DAN PENGERTIAN HAM (HAK ASASI MANUSIA) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS