Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday, 14 April 2017

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 1

loading...

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 1
Hai teman-teman sahabat pembaca setia Ahli Artikel. Kali ini akan dibagikan suatu artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1. Nah, langsung saja yuk kita baca baik-baik pemaparan artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1 di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1
Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1| Menurut Drs. CST. Kansil SH, jika kita meninjau isi dari masing-masing sila dari Pancasila itu, maka akan nampak bahwa masing-masing silanya mengandung dan memuat Hak Asasi Manusia (HAM), yaitu sebagai berikut:

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menjamin setiap orang untuk melakukan ibadah menurut keyakinannya masing-masing. Dengan sila ini, dijamin kemerdekaan beragama bagi setiap orang, di mana setiap orang bebas memilih dan menjalankan ajaran agamanya masing-masing. Setiap agama dipandang sama hak dan kedudukannya terhadap Negara.

Pengakuan terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa, berarti pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam arti melaksanakan segala perintah Tuhan Yang Maha Esa dan mencegah atau tidak melakukan segala perbuatan yang dilarang-Nya. Tuhan memandang sama kepada semua umat manusia, tiada yang lebih di sisi-Nya, kecuali ketakwaannya.

Berarti sila pertama dari Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa telah mengandung pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) dalam segala segi kehidupan manusia, sebagaimana yang dinyatakan oleh Prof. Oemar Senoadji SH. (dalam Simposium Kebangkitan Semangat ’66 Menjelajah Tracee Baru) bahwa: Ketuhanan Yang Maha Esa adalah “causa prima” atau sebab yang utama dan pertama, sebagai asal dari segala kehidupan yang mengajarkan persamaan, keadilan, kasih sayang dan kehidupan yang tentram. Dan ini semua sama dengan pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa dapat dilaksanakan manakala penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) mendapat pengakuan berupa jaminan terhadap kemerdekaan beragama sebagai salah satu Hak Asasi yang terpenting.

Kemerdekaan beragama ini sudah memperoleh pengakuan dan jaminan dalam Amandement ke-I dari Konstitusi Amerika Serikat, pasal 10 Declaration Des Detroit de I’homme et du Citoyen. Alinea ke-19 Mukadimah Konstitusi Perancis mengenai Hak Asasi, Pasal 29 ayat (2) UUD 1945, pasal 18 Universal Declaration of Human Rights, Pasal UUDS 1950, pasal 18 KRIS 1949, dan juga pasal 2 Rancangan Ketetapan MPRS tentang Piagam Hak-hak Asasi Manusia (HAM) dan Hak-hak serta Kewajiban Warganegara.

Bagaimana sahabat pembaca? Semoga sahabat pembaca semua bisa memahami artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1 ini.
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER ARTIKEL HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 1:
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1
Gambar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 1


loading...
HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS