Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday, 4 May 2017

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 2

loading...

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 2
Hai guys, jumpa lagi dengan Ahli Artikel yang kali ini akan membagikan suatu artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2. Silahkan, tunggu apa lagi, ayo langsung di baca sampai habis artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2 di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2
Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2| Drs. CST.Kansil SH, berpendapat bahwa jika kita meninjau isi dari masing-sila dari Pancasila, maka akan terlihat bahwa masing-masing silanya memuat dan mengandung Hak-hak Asasi Manusia, yaitu:

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah sikap yang menghendaki terlaksananya human values dalam arti pengakuan dignity of man, dan human rights serta human freedom. Tiap-tiap orang diperlakukan secara pantas, tidak boleh disiksa dan dihukum secara ganas, dihina atau diperlakukan secara melampaui batas. Kemanusiaan mengakui seluruh umat manusia sebagai sesama mahluk ciptaan Tuhan dan dengan demikian segala bangsa sama tinggi dan sama rendahnya dan ini berarti bahwa adanya suatu pengakuan kemerdekaan bagi segala bangsa dengan menolak kolonialisme dan imperialism.

Kemanusiaan juga berarti pengakuan manusia sebagai individu dan sebagai mahluk sosial. Sebagai individu ia mempunyai hak-hak asasi yang dapat dinikmati dan dipertahankan terhadap gangguan yang datang baik dari pihak penguasa maupun dari individu lainnya. Sebagai mahluk sosial, penggunaan hak-hak asasi itu tidak boleh melanggar hak-hak asasi orang lain, bahkan harus selalu berfungsi sosial, dalam arti adanya keseimbangan antara kepentingan individu dengan kepentingan umum.

Oleh karena perikemanusiaan itu meliputi segala aspek mengenai manusia dan perasaan terhadap manusia, maka sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab sangat banyak sangkut-pautnya dengan hak-hak dasar dan kebebasan asasi manusia.

Hak-hak asasi yang telah mendapat pengakuan seperti: hak untuk tidak diperbudak, hak untuk tidak dianiaya, pengakuan sebagai manusia pribadi, hak untuk tidak ditangkap, ditahan, dan dibuang secara sewenang-wenang, dan untuk mendapat peradilan yang bebas, hak dianggap tidak bersalah sampai dibuktikan kesalahannya menurut Undang-undang dan sebagainya, semua itu adalah perwujudan dari sila kemanusiaan tersebut.

Demikianlah artikel yang memberikan pemaparan mengenai Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2. Semoga bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca sekalian. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . 

SUMBER ARTIKEL HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 2:
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983 

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2
Gambar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 2

loading...
HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS