Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday, 19 May 2017

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 5

loading...

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 5
Pada kesempatan kali ini, Ahli Artikel akan membagikan suatu artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5. Agar kita bisa paham dan mengerti artikel yang dibagikan kali ini, mari langsung saja kita baca secara menyeluruh artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5 di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5
Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5| Menurut Drs. CST. Kansil SH, jika kita meninjau isi dari masing-masing sila dari Pancasila itu, maka akan nampaklah bahwa masing-masing silanya mengandung dan memuat tentang Hak-hak asasi manusia (HAM), seperti yang akan diperlihatkan pada penjelasan di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Sila ke 5)
Keadilan sosial berwujud hendak melaksanakan kesejahteraan umum bagi seluruh anggota masyarakat. Dengan ini dimaksudkan adanya keadilan bagi sesama anggota masyarakat (sosial). Keadilan yang dimaksudkan adalah keadilan yang memberi perimbangan di mana hak milik berfungsi secara sosial.

Ini berarti tiap-tiap orang dapat menikmati kehidupan yang layak sebagai manusia yang terhormat, dalam arti tidak ada kepincangan di mana ada segolongan yang hidup mewah sedangkan golongan lain sangat melarat, atau dengan kata lain tiap orang harus mendapat kesempatan yang sama untuk mendapat nafkah dan jaminan hidup yang layak dalam lapangan ekonomi dan sosial dengan tidak saling merugikan atau menindas, melainkan saling menghargai dan bantu-membantu untuk kepentingan masyarakat dan Negara,

Jadi dalam paham Keadilan Sosial, dijamin hak untuk hidup layak, dijamin adanya hak milik, adanya hak atas jaminan sosial, adanya hak atas pekerjaan dengan sistem pengupahan dan syarat-syarat kerja yang adil dan baik, berhak atas tingkat hidup yang menjamin kesehatan dan lain-lain, yang kesemuanya itu telah menjadi hak asasi yang telah diakui oleh UUD maupun Universal Declaration of Human Rights. Demikian menurut Drs. CST. Kansil SH.

Nah, itulah tadi akhir dari penjelasan singkat artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi kita semua. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 5:
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983 

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5
Gambar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 5

loading...
HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS