Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday, 5 May 2017

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 3

loading...

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 3
Apa kabar sahabat pembaca Ahli Artikel? Semoga semua dalam keadaan yang sehat dan siap untuk membaca artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 3. Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja yuk kita baca artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 3 di bawah ini.


Drs. CST. Kansil SH, mengatakan bahwa jika kita memperhatikan isi dari masing-masing sila dari Pancasila itu, maka kita akan melihat bahwa setiap sila dalam Pancasila mengandung dan memuat tentang Hak-Hak Asasi Manusia (HAM), yakni:

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Sila Persatuan Indonesia (sila ke 3)
Persatuan Indonesia atau Kebangsaan adalah sikap yang mengutamakan kepentingan Bangsa di atas kepentingan suku, golongan, partai, dan sebagainya. Ini berarti persatuan antara golongan, suku dan partai yang mempunyai kedudukan dan kesempatan yang sama dalam Negara Indonesia, dalam arti adanya keseimbangan yang harmonis dengan tidak mengutamakan yang satu dengan mengabaikan yang lainnya.

Kesadaran Kebangsaan Indonesia itu lahir dari keinginan untuk bersatu dari satu bangsa, agar setiap orang Indonesia dapat bebas menikmati hak-hak asasinya tanpa pembatasan dan belenggu dari manapun datangnya. Kesadaran kebangsaan ini tidak sedikit dijiwai kebangkitan kebangsaan di dunia luar yang digerakkan oleh perasaan bangga diri sebagai bangsa dan keinginan mempertahankan hak asasi manusia (HAM). Dengan kata lain, kesadaran kebangsaan adalah titik tolak dalam perjuangan mempertahankan Hak Asasi Manusia (HAM), sebab tanpa adanya kesadaran kebangsaan ini, tidak ada suatu jaminan bahwa hak asasi itu mendapatkan perlindungan.

Sudah tentu agar perasaan kebangsaan ini tidak menjadi penyebab terlanggarnya hak asasi dari bangsa-bangsa lain, maka perasaan kebangsaan itu keluar harus bersifat persahabatan yang bersifat universasl dengan bangsa-bangsa lain dalam suatu persamaan derajat dan hormat-menghormati, anti imperialism dan kolonialisme, atau dengan perkataan lain tidak eksklusif dan tidak chauvinis.

Itulah tadi penjelasan singkat yang menjelaskan tentang artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 3. Semoga bisa membawa manfaat kepada para pembaca semua. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 3:
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983  

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 3
Gambar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 3

loading...
HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS