Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday, 6 May 2017

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 4

loading...

HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 4
Hai guys. Ahli Artikel hadir kembali di hadapan kalian dengan tujuan untuk membagikan artikel yang akan menambah wawasan kalian seputar Hak Asasi Manusia (HAM) dan Pancasila. Artikel yang akan di bagikan kali ini berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4. Silahkan di baca pemaparan artikel terkait Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4 di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4
Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4| Untuk melihat hubungan Hak Asasi Manusia (HAM) dan Pancasila, maka menurut Drs. CST. Kansil SH, kita harus meninjau isi dari masing-masing sila pada Pancasila itu. Untuk itu mari kita lihat tinjauan Drs. CST. Kansil SH mengenai salah satu sila dalam Pancasila di bawah ini.

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Pemusyawaratan/Perwakilan (Sila Ke 4)
Kedaulatan rakyat berarti kekuasaan Negara berada di tangan rakyat. Negara dibentuk oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat. Kedaulatan rakyat itu disalurkan secara demokrasi melalui perwakilan, yang bagi bangsa Indonesia melalui Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Oleh karena kedaulatan di tangan rakyat, maka MPR-RI sebagai penjelmaan dari kedaulatan rakyat itu adalah lembaga Negara yang tertinggi. Rakyatlah, yang melalui MPR yang menetapkan Undang-undang Dasar Negara, memilih dan memberhentikan Presiden atau Wakil Presiden dan menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara.

Kedaulatan rakyat berisi pengakuan akan harkat dan martabat manusia, sedangkan pengakuan martabat manusia ini berarti pula menghormati dan menjunjung tinggi segala hak-hak asasi yang melekat padanya. Kedaulatan rakyat ini berwujud dalam bentuk hak asasi manusia (HAM), seperti hak mengeluarkan pendapat, hak berkumpul dan berapat, hak ikut serta dalam pemerintahan dan jabatan-jabatan Negara, kemerdekaan pers dan lain-lain. Sudah tentu sesuai dengan jiwa Pancasila itu sendiri kedaulatan rakyat itu hendaklah bersifat musyawarah dan mufakat serta tenggang menenggang rasa berdasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Sekianlah serangkaian pemaparan singkat mengenai artikel yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4. Semoga para pembaca bisa memahami dan mengamalkan isi artikel ini.
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER ARTIKEL HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 4:
- BUKU CITA DAN CITRA HAK-HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA - RAMDLON NANING, S.H - 1983

Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4
Gambar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Pancasila Sila Ke 4


loading...
HAK ASASI MANUSIA (HAM) MENURUT PANCASILA SILA KE 4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muh Ditia DS