Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyajikan Gagasan Melalui Artikel - Materi Kelas XII

Konten [Tampil]

Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat, biasanya ditulis dengan bahasa ilmiah populer. Intinya, artikel opini adalah tulisan yang berisi pendapat penulis tentang data, fakta, fenomena, atau kejadian tertentu dengan maksud dimuat di surat kabar atau majalah.

Menyajikan gagasan dapat diwujudkan melalui berbagai wujud tulisan. Misalnya, seseorang yang akan mengajukan lamaran pekerjaan, bentuk tulisannya berupa surat; seseorang yang akan menulis gagasan imajinasi, bentuk tulisannya berupa cerpen atau novel; seseorang yang akan memberikan penilaian terhadap buku yang dibacanya, bentuk tulisannya berupa resensi buku; seseorang yang akan merekam sejarah, bentuk tulisannya berupa cerita sejarah.

Selain bentuk-bentuk tulisan tadi, terdapat pula bentuk tulisan lain yakni opini. Pada pelajaran ini, kamu akan mempelajari salah satu kategori eksposisi, yakni artikel opini. Sumber utama yang digunakan dalam pelajaran ini adalah artikel opini yang terdapat pada surat kabar. Kamu tidak hanya dituntut dapat memahami artikel opini dengan baik, tetapi juga dapat menulis artikel opini dengan meperhatikan fakta dan kebahasaan.

Artikel opini termasuk dalam kategori teks eksposisi yang berisi argumen seseorang yang dimuat di surat kabar. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan meliputi kegiatan mengevaluasi informasi (fakta dan opini) dalam artikel opini, menyusun opini dalam bentuk artikel, menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah, dan mengonstruksi sebuah artikel.



Untuk membantu kamu dalam mempelajari dan mengembangkan kompetensi berbahasa, disajikan peta konsep di atas ini.




Posting Komentar untuk "Menyajikan Gagasan Melalui Artikel - Materi Kelas XII"