Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 67

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 67 —Hai sob, Pada kesempatan ini akan membahas jawaban pada “Mari Refleksikan”. Pertanyaan tersebut terdapat pada muatan pelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, sobat semuanya dapat memahami materi yang ada pada buku siswa.

Sangat baik bila sobat semuanya membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, pertanyaan dibawah ini berasal dari buku siswa yang telah kalian pelajari di sekolah. Dengan sering membaca dan memahami materinya, maka sobat semuanya akan mudah dalam menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini.

Baca juga : Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 74

Disini, kami juga menyediakan jawaban yang disertai dengan pembahasannya. Pembahasan tersebut bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Tidak hanya sebagai pembanding, jawaban dibawah ini juga untuk meyakinkan sobat semuanya.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 67

Mari Refleksikan

1. Ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut? Perubahan apa yang terjadi pada tubuh kalian? Identifikasi semua perubahan selama proses makan sebagai perubahan fisika atau kimia dan berikan alasannya.

Jawaban
Ketika kita makan, terjadi beberapa perubahan pada makanan dan pada tubuh kita. Beberapa perubahan tersebut melibatkan perubahan fisik dan kimia. Berikut adalah beberapa contoh perubahan yang terjadi:

Pencernaan Makanan:

Makanan yang kita makan akan dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil oleh enzim di dalam mulut, perut, dan usus. Ini adalah perubahan kimia, karena enzim mengubah struktur molekul dalam makanan.

Penghancuran Makanan:

Makanan juga mengalami perubahan fisik saat kita mengunyah dan menggerakkan makanan di dalam mulut. Proses ini memecahkan makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memudahkan pencernaan.

Baca juga : Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 84

Pengolahan Nutrisi:

Setelah makanan dicerna, nutrisi akan diserap oleh usus dan masuk ke dalam aliran darah. Ini adalah perubahan kimia, karena nutrisi diserap oleh sel-sel tubuh kita.

Pengeluaran Sisa Makanan:

Setelah tubuh memperoleh nutrisi dari makanan, sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna akan dikeluarkan melalui anus. Ini adalah perubahan fisik, karena sisa makanan masih memiliki sifat kimia yang sama seperti saat dimakan.

Selain itu, saat kita makan, tubuh kita juga mengalami beberapa perubahan, seperti peningkatan produksi saliva dan enzim pencernaan, peningkatan denyut jantung, dan peningkatan metabolisme. Ini adalah perubahan fisik, karena tidak ada perubahan dalam struktur molekul di dalam tubuh.

Dalam rangka untuk mengidentifikasi perubahan makanan dan tubuh sebagai perubahan fisik atau kimia, kita harus mempertimbangkan apakah terjadi perubahan dalam struktur molekul. Jika terjadi perubahan dalam struktur molekul, itu adalah perubahan kimia. Namun, jika tidak terjadi perubahan dalam struktur molekul, itu adalah perubahan fisik.

Jadi Perubahan yang terjadi selama proses makan sebagai perubahan fisika atau perubahan kimia adalah:

Perubahan fisika

- Ketika makanan dikunyah secara mekanik.
- Makanan diremas-remas di dalam lambung

Baca juga :  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 91

Perubahan kimia

- Ketika makanan yang dikunyah bercampur dengan kelenjar mulut
- Makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin.

2. Dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba (spider-web), buatkan ringkasan subbab B dan C mengenai perubahan zat. Upayakanlah peta konsep kalian menarik agar dapat terus kalian gunakan saat mempelajari kembali topik ini. Setelah itu, dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba yang telah kalian buat, jelaskanlah mengenai perubahan zat kepada teman, saudara atau orang tua kalian. Apabila kalian menggunakan pemahaman dan kata-kata sendiri, akan lebih mudah bagi kalian untuk menjelaskan. Catatlah pertanyaan[1]pertanyaan yang diajukan teman, saudara atau orang tua kalian untuk didiskusikan dengan guru kalian pada pertemuan selanjutnya.

Jawaban

Peta Konsep 

Penjelasan

Proses pencernaan makanan melibatkan perubahan zat baik secara fisika maupun kimia. Pada tahap awal pencernaan, makanan yang dimakan akan dihancurkan oleh gigi dan dicampur dengan air liur yang mengandung enzim amilase.

Proses ini merupakan contoh perubahan zat fisika, karena makanan hanya mengalami perubahan pada sifat fisikanya, seperti ukuran dan bentuk, namun tidak mengalami perubahan pada sifat kimianya.

Selanjutnya, makanan akan bergerak ke lambung dan di sini asam lambung akan mengubah protein dalam makanan menjadi peptida dan asam amino.

Baca juga :  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 95

Ini merupakan contoh perubahan zat kimia, karena terjadi reaksi kimia antara asam lambung dan protein dalam makanan sehingga menghasilkan zat baru dengan sifat-sifat yang berbeda.

Setelah itu, makanan akan bergerak ke usus halus, di mana enzim dari pankreas dan usus halus akan memecah molekul besar menjadi molekul yang lebih kecil sehingga bisa diserap oleh usus halus dan diangkut oleh darah ke seluruh tubuh.

Ini juga merupakan contoh perubahan zat kimia, karena enzim-enzim ini merubah makanan menjadi molekul yang lebih kecil melalui reaksi kimia tertentu.

Dalam proses pencernaan, terjadi berbagai macam perubahan zat, baik perubahan zat fisika maupun kimia, yang penting bagi tubuh manusia untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

Penutup

Itulah Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 67 yang telah kami sediakan untuk sobat semuanya. Tidak hanya jawaban saja kami juga melengkapinya dengan pembahasan. Yang pastinya sobat semuanya harus selalu rajin belajar dan berlatih supaya lebih cepat memahami materi. Selamat mengerjakan.

Baca juga : Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 99

Tambahan

1. Jawaban ini bersifat sebagai pembanding dan menyakinkan dengan jawaban yang telah dikerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik dan lebih meyakinkan.
3. Tidak ada jaminan kebenaran pada jawaban di atas. 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 67"