Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80

Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80 — Hai sobat Ahliartikel, Kali ini akan membahas soal pada “Siswa Aktif”. Pertanyaan tersebut terdapat pada muatan pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/MTs.. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, sobat semuanya dapat memahami materi yang ada pada buku siswa.

Ada baiknya jika adik semuanya membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, pertanyaan dibawah ini berasal dari buku siswa yang telah kalian pelajari di sekolah. Dengan sering membaca dan memahami materinya, maka sobat semuanya akan mudah dalam menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini.

Disini, kami juga menyediakan jawaban yang disertai dengan pembahasannya. Pembahasan tersebut bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Tidak hanya sebagai pembanding, jawaban dibawah ini juga untuk meyakinkan sobat semuanya.

Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80

Siswa Aktif

Buatkan kelompok masing-masing sekitar 5 (lima) siswa. Usahakan ada yang beragama berbeda di setiap kelompok.

1. Diskusikan, bagaimana sebaiknya menjaga kebinekaan dalam beragama? Apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keberagaman tersebut? Tuliskan hasil diskusinya di kertas. Semakin besar kertas (seperti karton manila) dan tulisannya lebih baik. Sampaikan hasil diskusi bersama itu di depan kelas.

Jawaban

a. Menjaga kebinekaan dalam beragaman adalah penting untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran terhadap perbedaan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebinekaan dalam beragama:

Menghormati perbedaan agama
Memahami bahwa setiap agama memiliki keyakinan dan praktik yang berbeda, dan menghargai perbedaan tersebut adalah penting untuk menjaga kebinekaan.

Berkomunikasi dengan baik
Membuka dialog yang terbuka dan jujur dengan orang-orang dari agama yang berbeda dapat membantu memperkuat pengertian dan kepercayaan satu sama lain.

Membangun hubungan positif
Menciptakan hubungan yang positif dengan orang-orang dari agama yang berbeda dapat membantu mengurangi ketakutan dan ketidakpercayaan terhadap orang lain.

Menghindari diskriminasi
Menghindari diskriminasi terhadap agama atau kelompok tertentu adalah penting untuk menjaga kebinekaan dalam masyarakat.

Menghargai keragaman
Menghargai keragaman dalam agama dan budaya dapat membantu masyarakat memperkuat toleransi dan pengertian satu sama lain.

Mempromosikan inklusivitas
Mempromosikan inklusivitas dalam kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial dapat membantu memperkuat pengertian dan kerjasama di antara masyarakat yang beragam agama.

Mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang agama
Mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang agama lain dapat membantu masyarakat memperkuat toleransi dan pengertian satu sama lain.

b. Untuk menjaga keberagaman, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain:

Menghargai perbedaan
Menghargai perbedaan dalam agama, budaya, dan latar belakang sosial dapat membantu memperkuat toleransi dan pengertian satu sama lain.

Membangun hubungan yang baik
Membangun hubungan yang baik dengan orang-orang dari agama, budaya, dan latar belakang sosial yang berbeda dapat membantu memperkuat kepercayaan dan pengertian satu sama lain.

Menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur
Menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur dengan orang-orang dari agama yang berbeda dapat membantu memperkuat pengertian dan kepercayaan satu sama lain.

Menghindari prasangka dan stereotip
Menghindari prasangka dan stereotip terhadap agama, budaya, dan latar belakang sosial tertentu dapat membantu menjaga keberagaman dalam masyarakat.

Mempromosikan inklusivitas
Mempromosikan inklusivitas dalam kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial dapat membantu memperkuat pengertian dan kerjasama di antara masyarakat yang beragam agama.

Membangun kesadaran diri
Membangun kesadaran diri tentang perbedaan dalam agama, budaya, dan latar belakang sosial dapat membantu memperkuat pengertian dan toleransi satu sama lain.

Menghargai hak asasi manusia
Menghargai hak asasi manusia dan kebebasan beragama dapat membantu menjaga keberagaman dalam masyarakat.

Mengedukasi dan mempromosikan pemahaman
Mengedukasi dan mempromosikan pemahaman yang baik tentang agama, budaya, dan latar belakang sosial tertentu dapat membantu menjaga keberagaman dalam masyarakat.

2. Selanjutnya, cari kisah keagamaan yang menarik buatmu sesuai dengan keyakinan agamamu. Misalnya, kisah mengapa Nabi Muhammad mendapat gelar Al Amin, kisah kenaikan Isa Al Masih, dan lain-lain. Ceritakan kisah itu di kelompok masing-masing. Pilih satu kisah yang paling menarik di kelompok, ceritakan di depan kelas.

Jawaban

Kisah mengapa Nabi Muhammad mendapat gelar Al Amin

Nabi Muhammad mendapat gelar Al Amin yang berarti "Yang Dipercayai" atau "Orang Yang Terpercaya" dari masyarakat Makkah karena kejujuran, kepercayaan, dan integritasnya yang tinggi dalam segala urusan.

Bahkan sebelum beliau diangkat sebagai Nabi oleh Allah SWT, beliau sudah memiliki reputasi sebagai seorang yang amanah dan dapat dipercaya di antara suku Quraisy yang merupakan masyarakat utama di Makkah pada waktu itu.

Salah satu kisah yang menjadi bukti kejujuran dan kepercayaan Nabi Muhammad adalah ketika beliau menyelesaikan perselisihan suku Quraisy yang terkait pemindahan Hajar Aswad (batu hitam) ke dalam Ka'bah yang merupakan bangunan suci di Makkah.

Suku Quraisy pada waktu itu sedang membangun kembali Ka'bah setelah terkena banjir dan ada perbedaan pendapat tentang siapa yang berhak menempatkan Hajar Aswad kembali ke tempatnya yang sebenarnya setelah dipindahkan untuk sementara selama renovasi.

Ketika para pemimpin suku Quraisy tidak dapat menemukan kesepakatan, mereka memutuskan untuk menunjuk orang pertama yang masuk ke dalam Ka'bah sebagai hakim untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

Ketika Nabi Muhammad masuk ke dalam Ka'bah, para pemimpin suku Quraisy merasa senang karena mereka tahu beliau adalah orang yang amanah dan dapat dipercaya.

Beliau dengan bijak meminta agar setiap pemimpin suku Quraisy mengambil sebuah pakaian dan menempatkan Hajar Aswad di atasnya, kemudian meminta mereka bersama-sama mengangkat pakaian tersebut dan membawanya ke tempatnya yang seharusnya.

Dalam cara ini, Nabi Muhammad berhasil menyelesaikan perselisihan tersebut dengan cara yang adil dan menghindari konflik.

Kepercayaan dan integritas Nabi Muhammad dalam segala urusan yang menjadi alasan utama mengapa beliau diberi gelar Al Amin oleh masyarakat Makkah, dan gelar ini telah melekat pada dirinya sepanjang hidupnya.

Hal ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan beliau dalam menyebarluaskan ajaran Islam di seluruh Arabia dan membentuk masyarakat yang bertakwa.

Penutup

Itulah Kunci Jawaban Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80 yang telah kami sediakan untuk sobat semuanya. Tidak hanya jawaban saja kami juga melengkapinya dengan pembahasan. Yang pastinya sobat semuanya harus selalu rajin belajar dan berlatih supaya lebih cepat memahami materi. Selamat mengerjakan.

Tambahan

1. Jawaban ini bersifat sebagai pembanding dan menyakinkan dengan jawaban yang telah dikerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik dan lebih meyakinkan.
3. Tidak ada jaminan kebenaran pada jawaban di atas.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 SMP/MTs Halaman 80"